top of page

Group

Public·15 members
Maverick Long
Maverick Long

Jurnal Pembelajaran Tematik Kelas 6 K13 Revisi 2018: Materi, KD, dan Penilaian


Download Jurnal Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018


Jika Anda adalah seorang guru kelas 6 SD/MI yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 Revisi 2018, Anda tentu membutuhkan jurnal harian sebagai salah satu administrasi pembelajaran. Jurnal harian adalah agenda harian guru yang mencatat segala aktivitas yang berlangsung saat pembelajaran di kelas. Jurnal harian juga berfungsi sebagai alat evaluasi dan refleksi bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.


Namun, membuat jurnal harian tidaklah mudah. Anda harus memperhatikan berbagai aspek, seperti tema, sub tema, kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Anda juga harus menyesuaikan jurnal harian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu Kurikulum 2013 Revisi 2018.




download jurnal kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018


Download File: https://www.google.com/url?q=https%3A%2F%2Ft.co%2F6tTyWkCb2a&sa=D&sntz=1&usg=AOvVaw2lW6XoOhGid3bNQZfXRGRl



Lalu, bagaimana cara mendapatkan jurnal harian kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018? Apakah Anda harus membuatnya sendiri dari awal? Tentu tidak. Anda bisa mendownload jurnal harian kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018 dari berbagai sumber online. Namun, sebelum itu, ada baiknya Anda mengetahui apa itu kurikulum 2013 revisi 2018 dan apa saja isi dan format jurnal harian kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018.


Apa itu Kurikulum 2013 Revisi 2018?




Kurikulum 2013 adalah kurikulum nasional yang berlaku dalam sistem pendidikan Indonesia sejak tahun ajaran 2013/2014. Kurikulum ini merupakan kurikulum yang diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan kurikulum sebelumnya, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang telah berlaku selama kurang lebih enam tahun.


Kurikulum ini memiliki tujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia yang unggul dan berkualitas, yang memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.


Kurikulum ini juga memiliki karakteristik yang berbeda dengan kurikulum sebelumnya, such as: - Menggunakan pendekatan saintifik, yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. - Mengembangkan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terintegrasi. - Menggunakan tema sebagai pengorganisasian pembelajaran yang bersifat lintas mata pelajaran. - Menggunakan penilaian autentik yang meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Kurikulum 2013 telah mengalami beberapa kali revisi sejak pertama kali diterapkan. Revisi terakhir adalah revisi tahun 2018 yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) bersama dengan Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemristek). Revisi ini bertujuan untuk menyempurnakan kurikulum 2013 agar lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.


Revisi 2018 ini menghasilkan beberapa perubahan dalam kurikulum 2013, antara lain: - Menghapus beberapa kompetensi dasar yang dianggap tidak relevan atau berulang. - Menambahkan beberapa kompetensi dasar yang dianggap penting atau kurang tercakup. - Menyederhanakan beberapa kompetensi dasar yang dianggap terlalu rumit atau sulit dipahami. - Menyelaraskan beberapa kompetensi dasar yang dianggap tidak konsisten atau tidak sinkron. - Menyempurnakan beberapa kompetensi dasar yang dianggap kurang tepat atau tidak akurat.


Tujuan dan Karakteristik Kurikulum 2013 Revisi 2018




Tujuan dari kurikulum 2013 revisi 2018 adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional yang berorientasi pada pengembangan potensi peserta didik secara optimal. Kurikulum ini juga bertujuan untuk membentuk peserta didik yang memiliki kompetensi abad 21, yaitu: - Literasi, yaitu kemampuan untuk membaca, menulis, berhitung, dan berpikir kritis. - Komunikasi, yaitu kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dengan berbagai audiens dan media. - Kolaborasi, yaitu kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain dalam tim yang beragam dan multikultural. - Kreativitas, yaitu kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru dan inovatif yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. - Pemecahan masalah, yaitu kemampuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah yang kompleks dan tidak terstruktur. - Berpikir kritis, yaitu kemampuan untuk mengevaluasi informasi dan argumen secara logis dan objektif. - Berpikir komputasional, yaitu kemampuan untuk menggunakan konsep-konsep dan alat-alat komputer untuk memahami dan memecahkan masalah.


Karakteristik dari kurikulum 2013 revisi 2018 adalah sebagai berikut: - Mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang terdiri dari standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar penilaian, standar tenaga pendidik dan kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penjaminan mutu. - Menggunakan pendekatan tematik-integratif dalam pembelajaran di tingkat SD/MI. Pendekatan ini mengintegrasikan berbagai mata pelajaran dalam satu tema yang relevan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Tema-tema tersebut antara lain: diriku, keluargaku, sekolahku, lingkunganku, kegemaranku, cita-citaku, indonesiaku, dunia sosial budayaku, bumi tempat tinggalku, dan perjalanan panjangku. - Menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran di semua jenjang. Pendekatan ini melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran yang meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Pendekatan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir dan berperilaku ilmiah pada peserta didik. - Mengembangkan kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam pembelajaran. Kompetensi inti adalah kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik sebagai hasil dari proses pendidikan, yaitu sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Kompetensi dasar adalah kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik dalam setiap mata pelajaran atau tema pada setiap jenjang dan semester. - Menggunakan penilaian autentik dalam pembelajaran. Penilaian autentik adalah penilaian yang dilakukan secara menyeluruh, berkelanjutan, dan berbasis kinerja untuk mengukur kemajuan peserta didik dalam mencapai kompetensi inti dan kompetensi dasar. Penilaian autentik meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap dengan menggunakan berbagai teknik dan instrumen penilaian.


Download jurnal harian kelas 6 SD/MI semester 2 k13 revisi 2018


Download jurnal tematik kelas 6 tema 6, 7, 8, 9 kurikulum 2013 revisi 2018


Download jurnal pembelajaran kelas VI semester 1 kurikulum 2013 revisi 2018


Download jurnal mengajar kelas 6 SD/MI semester genap k13 revisi 2018


Download jurnal pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu kelas 6 kurikulum 2013 revisi terbaru


Download jurnal administrasi kelas 6 SD/MI kurikulum 2013 revisi edisi terbaru


Download jurnal penilaian pembelajaran kelas VI semester genap kurikulum 2013 revisi 2018


Download jurnal kegiatan pembelajaran kelas 6 tema 1, 2, 3, 4, 5 kurikulum 2013 revisi 2018


Download jurnal kompetensi dasar kelas VI semester ganjil kurikulum 2013 revisi terbaru


Download jurnal materi pokok kelas 6 SD/MI semester pertama dan kedua kurikulum 2013 revisi terbaru


Download jurnal program semester dan kalender pendidikan kelas VI kurikulum 2013 revisi terbaru


Download jurnal silabus k13 kelas VI semester ganjil dan genap kurikulum 2013 revisi terbaru


Download jurnal sub tema dan pembelajaran ke kelas VI SD/MI kurikulum 2013 revisi terbaru


Download jurnal catatan-catatan materi yang telah diajarkan kelas VI kurikulum 2013 revisi terbaru


Download jurnal target-target pencapaian materi kelas VI SD/MI kurikulum 2013 revisi terbaru


Download jurnal harian guru kelas VI SD/MI semester ganjil dan genap kurikulum 2013 revisi terbaru


Download jurnal agenda harian guru setiap guru kelas VI SD/MI kurikulum 2013 revisi terbaru


Download jurnal sarana untuk mencatat atau mendokumentasikan segala aktifitas yang berlangsung ketika pembelajaran di laksanakan kelas VI SD/MI kurikulum 2013 revisi terbaru


Download jurnal manfaat-manfaat jurnal dalam pembelajaran tematik terpadu kelas VI SD/MI kurikulum 2013 revisi terbaru


Download jurnal mekanisme penyusunan jurnal harian kelas VI SD/MI kurikulum 2013 revisi terbaru


Download jurnal format-format dan contoh-contoh jurnal harian kelas VI SD/MI kurikulum 2013 revisi terbaru


Download jurnal aplikasi-aplikasi pengolah kata untuk membuat jurnal harian kelas VI SD/MI kurikulum 2013 revisi terbaru


Download jurnal cara-cara mengedit dan menyesuaikan jurnal harian sesuai dengan kebutuhan kelas VI SD/MI kurikulum 2013 revisi terbaru


Download jurnal referensi-referensi dan sumber-sumber untuk membuat jurnal harian kelas VI SD/MI kurikulum 2013 revisi terbaru


Download jurnal tips-tips dan trik-trik untuk membuat jurnal harian yang baik dan benar kelas VI SD/MI kurikulum 2013 revisi terbaru


Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Revisi 2018




Kompetensi inti dan kompetensi dasar kurikulum 2013 revisi 2018 adalah sebagai berikut:


Kompetensi Inti


Kompetensi Dasar


1. Sikap spiritual


1.1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.1.2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.


2. Sikap sosial


2.1. Menghargai dan menerapkan norma agama, norma hukum, norma kesopanan, dan norma kesusilaan dalam kehidupan sehari-hari.2.2. Menunjukkan perilaku peduli terhadap lingkungan hidup dan pelestariannya.2.3. Menunjukkan perilaku gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat.2.4. Menunjukkan perilaku toleransi terhadap perbedaan agama, suku, budaya, adat istiadat, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain.2.5. Menunjukkan perilaku percaya diri dalam berinteraksi dengan orang lain.


3. Pengetahuan


3.1. Memahami konsep dasar ilmu pengetahuan alam (IPA), ilmu pengetahuan sosial (IPS), matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, pendidikan agama dan budi pekerti (PABP), pendidikan kewarganegaraan (PKn), seni budaya (SB), pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK), prakarya dan kewirausahaan (PKWU), serta muatan lokal (MULOK) sesuai dengan tema/sub tema yang dipelajari.3.2. Menerapkan konsep dasar ilmu pengetahuan alam (IPA), ilmu pengetahuan sosial (IPS), matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, pendidikan agama dan budi pekerti (PABP), pendidikan kewarganegaraan (PKn), seni budaya (SB), pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK), prakarya dan kewirausahaan (PKWU), serta muatan lokal (MULOK ) dalam kehidupan sehari-hari.3.3. Menyajikan hasil pemahaman dan penerapan konsep dasar ilmu pengetahuan alam (IPA), ilmu pengetahuan sosial (IPS), matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, pendidikan agama dan budi pekerti (PABP), pendidikan kewarganegaraan (PKn), seni budaya (SB), pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK), prakarya dan kewirausahaan (PKWU), serta muatan lokal (MULOK) dalam bentuk lisan, tulisan, gambar, grafik, tabel, diagram, atau media lainnya.


4. Keterampilan


4.1. Mengamati fenomena alam dan sosial yang terkait dengan tema/sub tema yang dipelajari.4.2. Menanya tentang hal-hal yang ingin diketahui terkait dengan tema/sub tema yang dipelajari.4.3. Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber yang terkait dengan tema/sub tema yang dipelajari.4.4. Mengasosiasi informasi yang diperoleh dengan konsep dasar ilmu pengetahuan alam (IPA), ilmu pengetahuan sosial (IPS), matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, pendidikan agama dan budi pekerti (PABP), pendidikan kewarganegaraan (PKn), seni budaya (SB), pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK), prakarya dan kewirausahaan (PKWU), serta muatan lokal (MULOK).4.5. Mengkomunikasikan hasil asosiasi informasi dengan konsep dasar ilmu pengetahuan alam (IPA), ilmu pengetahuan sosial (IPS), matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, pendidikan agama dan budi pekerti (PABP), pendidikan kewarganegaraan (PKn), seni budaya (SB), pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK), prakarya dan kewirausahaan (PKWU), serta muatan lokal (MULOK) kepada orang lain secara lisan, tulisan, atau media lainnya.


Apa itu Jurnal Harian Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018?




Jurnal harian adalah salah satu administrasi pembelajaran yang harus dibuat oleh guru kelas 6 SD/MI yang mengimplementasikan kurikulum 2013 revisi 2018. Jurnal harian adalah agenda harian guru yang mencatat segala aktivitas yang berlangsung saat pembelajaran di kelas.


Jurnal harian memiliki beberapa fungsi dan manfaat bagi guru, antara lain: - Sebagai alat evaluasi diri bagi guru untuk mengetahui keberhasilan dan kekurangan dalam proses pembelajaran. - Sebagai alat refleksi diri bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di masa depan. - Sebagai alat komunikasi bagi guru dengan peserta didik, orang tua/wali, kepala sekolah, pengawas sekolah, dan pihak-pihak terkait lainnya. - Sebagai alat akuntabilitas bagi guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik. - Sebagai alat bahan masukan bagi guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran selanjutnya.


Jurnal harian memiliki beberapa isi dan format yang harus diperhatikan oleh guru, antara lain: - Identitas sekolah, yaitu nama sekolah, alamat sekolah, nomor telepon sekolah, dan logo sekolah. - Identitas guru, yaitu nama guru, nomor induk pegawai negeri sipil (NIP), nomor induk kependidikan nasional (NIK), nomor registrasi guru nasional (NRG), mata pelajaran/tema/sub tema yang diajarkan, kelas/semester/tahun ajaran. - Identitas peserta didik, yaitu jumlah peserta didik laki-laki dan perempuan yang hadir dan tidak hadir pada setiap pertemuan - Rencana pembelajaran, yaitu tema, sub tema, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, materi pokok, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, alokasi waktu, dan penilaian pembelajaran. - Pelaksanaan pembelajaran, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir yang dilakukan oleh guru dan peserta didik sesuai dengan rencana pembelajaran. - Evaluasi dan refleksi pembelajaran, yaitu hasil penilaian pembelajaran yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap serta catatan-catatan penting yang menjadi bahan refleksi bagi guru untuk perbaikan pembelajaran selanjutnya. Format jurnal harian kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018 bisa berbeda-beda tergantung pada kebijakan sekolah masing-masing. Namun, secara umum, format jurnal harian kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018 adalah sebagai berikut:



JURNAL HARIAN


Nama Sekolah


: SD/MI Negeri/Swasta ...


Alamat Sekolah


: Jalan ... No. ... RT/RW ... Kelurahan ... Kecamatan ... Kota/Kabupaten ... Provinsi ...


Nomor Telepon Sekolah


: (0xx) xxxxxxxx


Nama Guru


: ...


NIP/NIK/NRG


: .../.../...


Mata Pelajaran/Tema/Sub Tema


: .../.../...


Kelas/Semester/Tahun Ajaran


: .../.../...


Identitas Peserta Didik


Jumlah Peserta Didik Laki-laki dan Perempuan yang Hadir dan Tidak Hadir pada Setiap Pertemuan


Catatan Khusus (jika ada)



Pertemuan 1Laki-laki: ...Perempuan: ...Total: ...Pertemuan 2Laki-laki: ...Perempuan: ...Total: ...Pertemuan 3Laki-laki: ...Perempuan: ...Total: ...Pertemuan 4Laki-laki: ...Perempuan: ...Total: ...


...


Rencana Pembelajaran


Tema


...


Sub Tema


...


Kompetensi Inti


KI-1, KI-2, KI-3, KI-4


Kompetensi Dasar


KD-1.1, KD-1.2, KD-2.1, KD-2.2, KD-3.1, KD-3.2, KD-4.1, KD-4.2


Indikator Pencapaian Kompetensi


...


Materi Pokok


...


Metode Pembelajaran


...


Media Pembelajaran


...


Sumber Belajar


...


Alokasi Waktu


...


Penilaian Pembelajaran


...


Bagaimana Cara Download Jurnal Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018?




Setelah mengetahui apa itu kurikulum 2013 revisi 2018 dan apa saja isi dan format jurnal harian kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mendownload jurnal harian kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018. Apakah Anda harus membuatnya sendiri dari awal? Tentu tidak. Anda bisa mendownload jurnal harian kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018 dari berbagai sumber online.


Namun, Anda harus berhati-hati dalam memilih sumber online yang menyediakan jurnal harian kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018. Anda harus memastikan bahwa sumber online tersebut terpercaya, aman, dan berkualitas. Anda juga harus memeriksa apakah jurnal harian kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018 yang ditawarkan sesuai dengan standar dan kebijakan yang berlaku.


Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk mendownload jurnal harian kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018 dari berbagai sumber online:


Langkah-langkah Download Jurnal Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018




Menggunakan Situs Resmi Kemendikbudristek




Situs resmi Kemendikbudristek adalah salah satu sumber online yang paling terpercaya dan berkualitas untuk mendownload jurnal harian kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018. Situs ini menyediakan berbagai administrasi pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku, termasuk jurnal harian kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018. Berikut ini adalah cara untuk mendownload jurnal harian kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018 dari situs resmi Kemendikbudristek: - Buka situs https://kemdikbud.go.id/ di browser Anda. - Pilih menu "Pendidikan Dasar dan Menengah" di bagian atas halaman. - Pilih submenu "Kurikulum" di bawah menu "Pendidikan Dasar dan Menengah". - Pilih submenu "Kurikulum 2013" di bawah menu "Kurikulum". - Pilih submenu "Administrasi Pembelajaran" di bawah menu "Kurikulum 2013". - Pilih submenu "Jurnal Harian" di bawah menu "Administrasi Pembelajaran". - Pilih kelas 6 SD/MI yang Anda inginkan. - Pilih tema/sub tema yang Anda inginkan. - Klik tombol "Download" di sebelah kanan jurnal harian yang Anda inginkan. - Tunggu proses download selesai dan simpan file jurnal harian di komputer Anda. Menggunakan Situs Penyedia Database Jurnal Internasional




Situs penyedia database jurnal internasional adalah salah satu sumber online yang paling lengkap dan variatif untuk mendownload jurnal harian kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018. Situs ini menyediakan berbagai jurnal harian kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018 yang dibuat oleh peneliti, guru, atau praktisi pendidikan dari berbagai negara. Situs ini juga menyediakan fitur pencarian yang memudahkan Anda untuk menemukan jurnal harian kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018 yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


Namun, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan situs penyedia database jurnal internasional. Anda harus memastikan bahwa situs tersebut terpercaya, aman, dan legal. Anda juga harus memeriksa apakah jurnal harian kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018 yang ditawarkan memiliki kualitas dan validitas ya


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...

Members

Group Page: Groups_SingleGroup
bottom of page